TOP NEWS

"Sebaik-baiknya manusia ialah yang memberi manfaat kepada orang lain." (HR.Al-Baihaqi).

Rabu, 29 Januari 2014

Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Seperti yang kita ketahui. Normalnya, ketiga waktu makan tersebut dipenuhi, tetapi pada saat-saat tertentu mungkin kamu harus melewatkan salah satu waktu makan tersebut. Dari ketiga waktu makan tersebut, manakah yang lebih sering kamu lewatkan? Mungkin banyak orang akan memilih melewatkan sarapan dibandingkan makan siang atau makan malam. Alasannya bermacam-macam. Tidak sempat lah, takut gemuk lah, dan sebagainya. Wah padahal sebenarnya sarapan itu justru waktu makan yang paling penting lho. Seberapa penting sih sarapan itu sebenarnya?

Sarapan adalah makanan pertama yang kita makan setelah selama tidur tidak mendapat asupan makanan dan nutrisi. Secara tidak langsung, hal ini ternyata berpengaruh terhadap otak kita. Saat sarapan, otak kembali mendapatkan asupan nutrisi. Imbasnya, otak menjadi tahu bahwa kita sudah siap untuk memulai aktivitas kita hari ini. Kemudian otak akan membangunkan sistem tubuh dan memulai metabolismenya untuk melalui berbagai aktivitas seharian. Jika kita melewatkan sarapan, otak tidak tahu bahwa kita sudah siap memulai aktivitas. Hal ini berdampak pada proses metabolisme, sehingga kalori yang dibakar dalam proses tersebut menjadi tidak efisien.

Takut gemuk jika sarapan? Ternyata jika tidak sarapan, kamu justru semakin mudah gemuk lho. Logikanya, ketika kamu melewatkan sarapan, tubuhmu masih merasa lapar. Nah, hal ini akan membuat kamu semakin lapar lagi di siang hari,
dan cenderung menghabiskan porsi makan yang banyak di waktu makan siang.

Kamu juga jadi cenderung lebih cepat lapar, sehingga akan memakan makan siangmu lebih awal dari biasanya. Hal ini juga akan berpengaruh pada mood dan kinerjamu sepanjang hari lho. Tentu saja, siapa yang bisa bekerja secara maksimal dan ceria saat lapar dan kekurangan energi?

Nah, jadi mulai sekarang jangan malas sarapan lagi ya. Sesedikit apapun porsi sarapanmu, itu jauh lebih baik daripada tidak sarapan samasekali.

0 komentar:

Komentar dan saran Anda sangat berarti buat saya.